20/02/2009

Petunjuk pemakaian nokiamaps

Nokia Maps adalah aplikasi dari Nokia yang berfungsi untuk menampilkan peta dari suatu daerah tertentu (khusus negara / daerah yang sudah disediakan petanya oleh Nokia) melalui handphone. Dengan Nokia Maps anda dapat melihat-lihat peta berbegai lokasi di dunia, mencari suatu tempat berdasarkan alamatnya, merencanakan rute perjalanan dari suatu tempat ke tempat yang lain, dan juga menyimpan informasi lokasi dari suatu tempat dan mengirimkannya ke peralatan lain yang kompatibel.
Persyaratan yang dibutuhkan untuk menjalankan Nokia Maps adalah :
Handphone dengan sistem operasi Symbian v60 3rd Edition
Memiliki memory internal atau internal paling sedikit 5MB.
Memiliki Koneksi EDGE,UMTS,HSDPA ataupun Wireless LAN
GPS terintegrasi / internal ataupun external (opsional, jika handphone anda tidak memiliki GPS internal, anda tetap dapat memanfaatkan aplikasi Nokia Maps ini). Khusus dalam artikel ini saya khusus membahas bagaimana memanfaatkan aplikasi Nokia Maps pada handphone yang belum memiliki GPS terintegrasi).
Contoh Handphone dengan sistem operasi symbian v60 3rd Edition yang belum memiliki fitur GPS terintegrasi antara lain (setahu saya) : N6120Classic, Nokia E51, N77, N76.
Langkah-langkah yang perlu anda lakukan adalah :
Download aplikasi Nokia Map Loader di sini dan aplikasi symbian Nokia Maps di sini untuk diinstal di handphone anda. Versi terbaru saat ini adalah Nokia Maps Versi 2.0
Download dan instal Microsoft.Net Framework versi 3.0 atau 3.5 di sini. Anda memerlukan.Net Framework 3.0atau 3.5 ini untuk dapat menjalankan instalasi Nokia Map Loader.
Instal aplikasi Nokia Map Loader di komputer anda, dengan catatan anda anda sudah melakukan langkah 2, jika belum maka, sebelum instalasi dimulai anda secara otomatis installer akan mendownload terlebih dahulu file.Net Framework versi 3.0 dan menginstalnya ke komputer anda. Selain itu juga selama pengisntalan, ada file lain juga yang akan didownload oleh installer, untuk itu pastikan selama proses instalasi, anda terhubung ke internet.
Instal Aplikasi Nokia Maps Versi 2.0 ke ponsel anda, aplikasi ini secara otomatis akan diinstalkan ke phone memori anda, jadi tidak perlu bingung bila tidak ada konfirmasi lokasi penginstalan aplikasi saat proses penginstalan.
Jalankan aplikasi Nokia Maps yang sudah diinstal ke ponsel anda dengan catatan memory card terpasang pada ponsel, hal in perlu dilakukan minimal 1 kali agar aplikasi Nokia Map Loader mengenali memory card yang anda gunakan nanti dalam mendownload peta.
Lepas memory card ponsel anda dan hubungkan ke komputer melalui card reader, atau hubungkan langsung ponsel anda dalam mode data transfer, setelah komputer mendeteksi adanya perangkat penyimpanan (removable media), jalankan aplikasi nokia Map Loader.
Jalankan aplikasi Nokia Map Loader Start-Program-Nokia-Nokia Map Loader,
Setelah itu anda dapat memilih paket-paket peta yang ditawarkan, Untuk Mendownload peta Indonesia dengan ukuran 24,5 MB, Pilih asia-Indonesia lalu klik tombol download.
Setelah proses download selesai, tutup aplikasi Nokia Map Loader, lalu lepaskan memory card, lalu jalankan aplikasi Nokia Maps di ponsel anda, secara otomatis peta yang sudah didownload sebelumnya akan langsung terintegrasi.
Jika anda tidak ingin repot harus mendownload serta menginstall.Net Framework 3.0 dan aplikasi Nokia Map Loader, anda dapat langsung mendownload peta indonesia di sini lalu pilih Maps for Nokia Maps 2.0 lalu pilih peta derah yang anda inginkan (misalnya indonesia) dan menyimpan filenya di dalam memory card handphone anda, biasanya folder penyimpanan default untuk peta nokia maps adalah folder cities. (instruksi cara meletakan file maps juga sudah tersedia)
Berikut contoh penggunaan Nokia Maps di handphone saya (Nokia 6120 Classic), untuk menampilkan rute perjalanan dari SIMPANG LIMA ke TLOGOSARI secara offline, artinya anda tidak membutuhkan perangkat GPS ataupun terhubung ke internet untuk melakukan ini. Langkah-langkahnya adalah :

1. Jalankan aplikasi Nokia Map



2. Pilih lokasi awal, dalam contoh ini saya mencari rute dari Tlogosari Semarang di Jalan Tlogosari Raya ke Simpang Lima Semarang. Lalu pilih add to route.



3. Selanjutnya tentukan lokasi tujuan, dengan memilih options-add route point.



4. Ada beberapa pilihan :
My Position : lokasi tujuan adalah lokasi anda saat ini, jika ponsel anda tidak memiliki GPS receiver maka pilihan ini tidak dapat dijalankan.
My Places : lokasi-lokasi yang sudah anda simpan sebelumnya.
History : lokasi-lokasi yang pernah anda pilih sebelumnya.
From Map : anda memilih sendiri lokasi tujuan yang ada di peta secara manual
From Search : lokasi tujuan dipilih berdasarkan pencarian kata kunci yang anda masukan. Misalnya pilih option From Search.
Selanjutnya ketikan nama / kata kunci lokasi tujuan, misalnya "simpang lima" lalu search.

5. sebagai contoh saya ambil dari menu my place



Karena yang kita cari adalah suatu tempat (Places) maka pilih places, lalu pilih Jalan Simpang Lima


6. Selanjutnya untuk menampilkan rute anda dapat memilih options-show route, kemudian Nokia Maps akan menampilkan rute dari Tlogosari ke Simpang Lima. Kemudian tekan tengah lalu pilih preview route atau simulate untuk mensimulasikan perjalanan anda melewati rute yang sudah dibuat.







Buat saya Nokia Maps sangat membantu dalam mencari suatu lokasi tertentu serta menemukan rute perjalanan yang tepat (rute terpendek ataupun rute tercepat) agar tidak tersesat ketika melakukan perjalanan walaupun saya sendiri tidak memiliki perangkat GPS. Oiya jika ada masalah (download, penginstallan, ataupun penggunaan) share aja disini, saya akan coba bantu semampu saya.
Referensi :
Nokia Maps 1.0 User Guide : www.nokia.com
Bro edwardgr


1 comments:

Anonymous said...

gan,
ane pake nokia maps v2 dan 6120c firmware v07.20.
ane udah instal dan bisa dijalankan secara offline. tapi, pas menampilkan rute, itu ndak bisa. muncul pesan error: no route found. itu kenapa ya? udah ane coba berulangkali tetep aja kayak gt. mohon pencerahannya gan. thx

Post a Comment