21/02/2009

Menikmati Layanan GPS dengan Hanphone yang tidak Ber GPS

Menikmati Layanan GPS dengan Hanphone yang tidak Ber GPS

kredit: sofyanhadi
GPS merupakan kependekan dari Global Positioning System yaitu sarana untuk menentukan koordinat di muka bumi ini baik posisi lintang, bujur maupun ketinggian. Bagaimana GPS ini bekerja silahkan baca detailnya di alamat disini.
Intinya GPS Receiver adalah alat untuk menerima informasi dari Satelite GPS, karena sifatnya adalah langsung, maka sebuah GPS Receiver harus bisa ‘melihat’ langsung ke angkasa (lokasi satelite GPS). Sehingga biasanya GPS Receiver tidak bekerja saat kita berada di dalam gedung.

Beberapa hanphone sekarang sudah mulai menambahkan GPS Receiver ini secara internal, sehingga dengan HP yang Ber GPS, kita dengan mudah bisa mengetahui posisi koordinat kita di bumi ini, ini sangat memudahkan apabila kita mau pergi ke lokasi yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya.

Untuk pengguna HP yang belum ada GPS-nya pun bisa menggunakan fasilitas ini tetapi sebatas pada lokasi BTS yang menangkap melayani HP kita. Salah satu aplikasi yang dikembangkan Google adalah Google Map Mobile., atau bisa kunjungi m.gmaps langsung dari hanphone anda. Berikut adalah video tentang Google Map Mobile :

Review tentang Google Map (sudah diterjemahkan oleh Google translate ke dalam bahasa indonesia) ini bisa dibaca juga di alamat ini .

Google Map Mobile ini bisa berjalan di device (HP) baik yang ada internal GPS maupun yang tidak ada. Jika punya internal GPS maka lokasi yang ditunjukkan akan lebih akurat, karena HP akan menerima sinyal GPS langsung dari satelite, dan lokasi yang ditunjukkan adalah lokasi dimana HP itu berada. Tapi karena butuh sinyal dari satelite maka HP harus berada di ruang terbuka untuk bisa menunjukkan posisi.

Untuk HP yang belum ada internal GPS, Google Map Mobile cukup cerdas, karena ternyata bisa mendeteksi lokasi BTS yang berada di area kita berada, sehingga Google Map Mobile bisa menentukan posisi kita berada dalam daerah radius tertentu dari BTS. Berikut adalah video tentang bagaimana Google Map Mobile bisa menentukan posisi kita walau HP kita tidak ada GPS :


Berikut adalah beberapa tampilan Google Map Mobile yang sudah saya install di HP Nokia 6120 Classic saya, cukup membantu dalam mengetahui lokasi dimana kita berada.



Karena di Indonesia peta Indonesia tidak lengkap dan detail, maka kita hanya bisa melihat foto udaranya saja. Mungkin di tahun-tahun mendatang peta Indonesia akan lebih lengkap.
Kalau di luar negeri karena data peta dan pendukungnya sudah lengkap maka banyak hal yang bisa dilakukan menggunakan Google Map Mobile ini, berikut adalah contoh videonya :





Untuk video-video yang lain tentang Google Map Mobile ini silahkan click alamat ini .



1 comments:

Ilaycdn said...

duh enak donk, kita bisa mengetahui diri kita sedang berada dimana. Tapi gaimananya itu yang masih belum dicoba, soalnya yang aku punya nggak bisa begitu. kuno alias jadul kali yah HP-nya, tapi ga apa biar nanti ku coba lagi yang penting makasih atas infonya!

Post a Comment