29/10/2010

Facebook Blokir Link Berakhiran Co.Cc

Pernah tidak mengalami masalah ini?  (lihat gambar). Ini terjadi ketika saya mengirim sebuah tautan (link) dengan akhiran Co.Cc. Belakangan ini diketahui bahwa facebook telah memblokir akses berbagi link/tautan untuk semua konten yang berakhiran Co.Cc. Menurut facebook konten yang berakhiran Co.Cc mengandung unsur Kasar, Penghinaan atau SPAM, sehingga facebook tidak mengizinkan lagi berbagi tautan atas konten tersebut. Tapi ternyata bukan hanya berbagi tautan saja yang tidak dapat dilakukan untuk konten Co.Cc di dinding facebook, konten facebook (tombol share) yang dipasang di blog/web pun dengan domain yang berakhiran Co.Cc juga ikut di blokir. Tombol ini tidak dapat berfungsi lagi, karena semua akses yang berkaitan dengan konten Co.Cc telah di blokir sepenuhnya oleh facebook.


Bagaimana Konten Co.Cc ini bisa di blokir?
Menurut saya, ada beberapa alasan mengapa facebook memblokir konten Co.Cc ini:
  • Pertama: Banyak pengguna facebook yang melaporkan tautan yang berasal dari domain yang berakhiran Co.Cc adalah SPAM. Kebiasaan kita sering mengirim pesan ataupun menulis di dinding orang lain berupa link dan sementara mereka tidak menginginkannya, membuat orang lain merasa terganggu dan akhirnya melaporkan bahwa link tersebut mengandung SPAM.
  • Kedua: Saya pernah membaca sebuah artikel situs luar, yang menyatakan domain Co.Cc sangat rentan disusupi oleh Malware. Ini juga yang menjadi alasan mengapa saya mengganti domain saya dari Co.Cc ke COM, seperti pada postingan saya terdahulu. Kemungkinan untuk alasan keamanan inilah mengapa facebook memblokir konten tersebut.

Bagaimana cara untuk membuka blokir Co.Cc agar dapat digunakan kembali?

Untuk kasus seperti ini saya sendiri belum pernah mencobanya, karena yang di blokir adalah konten bukan akses untuk login. Namun facebook juga menawarkan bantuan agar konten yang berkaitan dengan Co.Cc ini dapat di buka kembali. Caranya:
  • Coba anda tuliskan tautan yang memiliki akhiran Co.Cc di dinding facebook anda. Ketika anda post maka akan muncul pesan seperti gambar 1 diatas. Kemudian pilih Beri tahu kami.
  • Selanjutnya akan muncul halaman “Saya tidak bisa menambahkan Konten” seperti gambar 2 di bawah ini.
  • Isikan sesuai dengan yang diminta: konten (co.cc), URL (tautan yang tadi anda bagikan), alasan (buat alasan anda sehingga facebook bersedia membuka blokir untuk konten ini). Gunakan bahasa Inggris untuk alasan tersebut. Kemudian masukkan spam filter (capcha) dengan benar dan terakhir tekan tombol KIRIM.
Namun cara ini tidak menjamin apakah facebook bersedia membuka kembali blokir konten Co.Cc ini. Saya sendiri udah melakukan langkah ini, namun belum menerima balasan apapun dari facebook. Tapi inilah upaya yang bisa kita lakukan saat ini dan semuanya kembali lagi ke pihak facebook sendiri, apakah bersedia untuk membuka blokir konten ini atau tidak.
Atau jika anda tetap ingin blog anda bisa ditautkan ke facebook ya kembalikan settingan blog anda ke domain asal..hehehe
Oke..itu saja tipsnya semoga bermanfaat.

1 comments:

Abu Ayaz said...

KABAR GEMBIRA !!!
Alhamdulillah, hari ini tgl 17 November 2010, co.cc tidak lagi di blokir oleh FB. Setidaknya blog saya http://www.abuayaz.co.cc/ sudah bisa di share, di like dan di tautkan di fb.

Post a Comment