28/08/2009

Cara manual hapus tema ponsel Nokia s60 v3

Ponsel Nokia S60 v3 adalah ponsel yang termasuk dalam golongan smartphone karena sudah bersistem operasi symbian versi 9.x. Ponsel-ponsel smartphone ini memiliki manajemen aplikasi yang serupa dengan komputer pada menu add and remove program pada control panel hanya saja pada ponsel bernama manajer aplikasi yang letaknya bisa saja dipindah-pindah sesuai keinginan.
Berbeda dengan komputer yang semua program didalamnya terdaftar dengan baik pada add and remove program, pada manajer aplikasi di ponsel ini bisa saja aplikasi atau tema tidak terdaftar. Yang paling sering terjadi adalah tema yang tidak terdaftar padahal tema adalah salah satu bagian yang bisa dipersonalisasi dan sering diganti. Karena tidak terdapat pada manajer aplikasi maka menghapusnya pun jadi lebih sulit tetapi tetap bisa dilakukan.
File inti dari tema berada pada folder e:\resource\skins\  yang juga ditunjukkan pada gambar di bawah. File pada folder ini tidak bisa dihapus secara langsung pada ponsel walaupun menggunakan aplikasi explorer. Manghapusnya melalui card reader bisa menjadi solusi.
Setelah file tersebut terhapus bukan berarti menyelesaikan masalah. Pada daftar tema, tema yang file-nya telah terhapus masih tetap muncul tetapi tidak bisa di terapkan. Ini berhubungan dengan file-file register yang belum juga hilang. File-file ini biasanya berada pada folder e:\private\… yang pada kondisi software ponsel standar tidak bisa dibuka atau dilihat isinya.
Setelah folder private bisa dibuka, cari alamat folder seperti pada gambar dibawah (gambar menggunakan ponsel Nokia 6120c), dan hapus folder-folder tema tersebut, mungkin lokasi berbeda pada ponsel s60v3 lain, tetapi bisa dicari, biasanya yang terdapat folder import di dalamnya. Apabila dibuka akan menemukan file dengan ekstensi .skn. Ingat, hapus bersama foldernya. Apabila hanya menghapus pada satu lokasi saja, maka tema tidak akan terhapus sempurna. File tema hilang tapi tetap ada pada daftar tema, atau sebaliknya. Tetapi lakukan dengan teliti, lihatlah dulu detail file tema ini agar tema baru atau yang memang anda suka ikut-ikutan hilang.

Juga cari folder yang bernama themesis yang berisikan file theme.sis. Hapus file yang sesuai dengan yang dihapus pada 2 folder yang lain.



Ini sudah di tes pada ponsel Nokia 6120c saya.

1 comments:

joko said...

Folder privatenya ga bs dibuka, uda pake xplore

Post a Comment